Langsung ke konten utama

Unggulan

CONTOH PUISI ANAK SD

Assalamualaikum pecinta puisi. Berikut ini adalah puisi anak karya anak SD Negeri Karanggeneng 01 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang Semoga bermanfaat dan jangan lupa bahagia MERDEKA ATAU MATI (Bung Tomo) Oleh: Chika Frieda Nafeeza Kini, ku berjanji Akan meneruskan Perjuanganmu, Pahlawanku Berfikir demi kemajuan bangsa Melangkah demi terwujudnya Pancasila Dalam kehidupan berbangsa dan benegara CITA-CITAKU Oleh: Ana Fitrianingsih Aku ingin mengejar cita-citaku Tetapi banyak rintangan yang sulit Aku  berharap aku bisa menggapau cita-citaku Menunggu dewasa sejak lama Aku ingin menjadi Polwan agar lalu lintas terjaga Aku berharap semua orang menaati lalu lintas Aku ingin berguna untuk siapapun mereka Harus semangat untuk menggapai cita-citaku Agar berguna bagi Indonesia PANTANG MENYERAH Oleh: Lyla Salsabila Kehidupan itu tidak mudah Kehidupan butuh perjuangan Ayo kita bersungguh-sungguh Dalam melakukan sesuatu Kita harus belajar dengan giat Kita harus pantang menyerah Kita harus membantu

Karanggeneng Setengah Tiang

Karanggeneng adalah sebuah desa yang terletak di daerah Jawa Tengah tepatnya di kecamatan Kandeman kabupaten Batang. Lokasinya yang terletak di kawasan utara Batang sehingga dekat dengan laut. Masyarakatnya sebagian besar hidup dari hasil pertanian dan laut, persawahanya yang luas dan sebelum sampai pantai masih ada hutan dan tanaman bunga melati yang wangi. Pantai yang masih alami dan masih ada beberapa sampah karena memang tidak ada kepedulian membuat kawasan ini seperti pantai yang belum terjamah oleh manusia. Sebagian pemudanya mencari nafkah ke luar kota dengan harapan memperoleh kehidupan yang lebih baik. Sebagian lagi masih betah dan menjadi penghuni setia desa. Setiap setahun sekali pemuda Karanggeneng berkumpul tepatnya di liburan hari Raya Idul Fitri.

Kebersamaan yang terlihat sungguh indah dan dengan berjalanya waktu menjadi agenda tahunan yang tidak di sengaja. Kehidupan masyarakatnya yang rukun, damai, saling berbagi, gotong royong dan saling menghargai menjadi pemandangan sehari-hari.

Di tahun 2012 ini menjadi seperti sebuah perubahan, iya perubahan yang katanya demi kemajuan bersama tapi kenyataan yang ada sekarang adalah keresahan dan pertikaian. Sebuah ujian atau musibah??? bagi desa Karanggeneng tercinta. Keadaan desa yang tidak kondusif dan beberapa bentrokan sesama warga yang sudah tidak kenal saudara dan tetangga, entah apa yang membuat sebagian warga menutup mata dan tidak sadar bahwa yang di perangi adalah saudara sendiri.

Proyek PLTU itu penyebab dari semuanya, rencana pembangunan PLTU yang lokasinya di desa Karanggeneng dan sekitarnya menuai protes dari warga dengan alasan dampak negatif yang sangat merugikan bagi masyarakat sekitarnya. Proyek PLTU yang katanya adalah proyek terbesar di Asia Tenggara yang berkapasitas 2 x 1.000 MW senilai Rp30 triliun mendapat dukungan dari pemerintahan kabupaten Batang. Sehingga menjadi polemik yang sangat panjang pemerintahan dan PLTU melawan warga sipil.

Beberapa video kerusuhan dan bentrok warga yang terjadi selama polemik Proyek PLTU dan menjadi sebuah dokumen sebagai rasa cinta kepada desa Karanggeneng. Di mana desa Karanggeneng tercinta??
Di mana Kerukunan warga desa Karanggeneng??
Di mana kebersamaan warga desa Karanggeneng??
Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang ampunilah dosa-dosa kami, jadikan desa kami menjadi desa yang damai dan indah seperti dulu. Amien.

Ony Jita

Komentar

Postingan Populer